Manfaat Olahraga Untuk Pendengaran Dimasa Tua

olahraga

Jakarta- Olahraga merupakan suatu rutinitas yang dapat menjaga kesehatan. Baik secara fisik maupun psikologis. Olahraga juga diyakini dapat menurunkan berat bandan hingga menjaga kesehatan jantung. Aktivitas olahraga membantu suplai oksigen dalam darah menjadi lancar. Sehingga, berdampak terhadap kebugaran tubuh dan panca indera.

Dilansir dari Kompas.com, para ilmuwan telah menemukan manfaat tak terduga dari rutin berolahraga, yakni mencegah terjadinya gangguan pendengaran hingga tuli, di usia senja. Sebab, dengan olahraga rutin, tubuh selelu mendapat oksigen yang cukup, dan aktivitas kinerja otak ke seluruh panca indera begitu juga telinga tersalur lancar. Karenanya, peneliti meyakin, bahwa olahraga menjadi aktivitas yang memiliki peran penting dalam menunjang kesehatan panca indera.

Peneliti percaya bahwa peradangan yang berkaitan dengan usia dapat mengganggu kinerja kapiler strial dalam memasok oksigen. Olehkarena itu, peneliti menyimpulkan bahwa olahraga adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Shinichi Someya, penulis utama studi tersebut, mengatakan: “Sistem pendengaran selalu dan selalu memproses suara. Untuk memproses suara, sistem pendengaran perlu sejumlah besar molekul energi yang bersumber dari oksigen.”

Tags:
author

Author: