Manfaat Sehat Dari Segenggam Kacang

kacang

Jakarta- Pola hidup sehat disertai pola makan sehat dan olah raga yang teratur merupakan cara untuk menjaga kesehatan. Beberapa sumber makanan seperti sayur dan buah diklaim memberi manfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

Dilansir dari Kompas.com, peneliti dari Imperial College London mengungkapkan, bahwa mengonsumsi kacang-kacangan ini sebanyak 20 gram per hari atau sama dengan seukuran genggaman tangan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit fatal seperti kanker dan penyakit jantung.

Meski kacang-kacangan memang mengandung lemak, tetapi  kacang-kacangan juga tinggi serat dan protein, yang dari waktu ke waktu akan dapat menurunkan risiko obesitas yang menjadi cikal bakal dari segala penyakit.
Salah satu peneliti, Dagfinn Aune menjelaskan, alasan manfaat sehat diperoleh dari kacangan-kacangan ini dikarenakan kandungan serat, magnesium dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fats) yang terkandung didalamnya.

Adapun sumber nutrisi tersebut banyak ditemukan terutama pada kacang kenari dan kacang pecan. Kedua kacang tersebut yakni, kenari dan kacang pecan juga kaya akan antioksidan yang melawan stres oksidatif sehingga ada kemungkinan besar dapat menurunkan risiko kanker.

Mengonsumsi kacang-kacangan ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung mencapai 30 persen. Sementara untuk penyakit kanker 15 persen, kematian dini sebesar 22 persen, dan 50 persen meninggal akibat penyakit pernapasan.

Hal yang sama juga berlaku untuk penyakit diabetes, mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan dapat meminimalisir risiko terserang diabetes hingga 40 persen.

Rate this article!
Tags:
author

Author: