Mantap! Muktamar NU 2015 Akan Dihadiri 50.000 Umat Islam

nu

Jawa imur~ Luar biasa, diperkirakan lebih dari 50.000 umat Islam akan menghadiri arena Muktamar ke-33 Nahdatul Ulama (NU) di Jombang, Jawa Timur. Acara tersebut rencananya akan digelar pada 1-5 Agustus 2015.

Menurut penjelasan Ketua Panitia Daerah, Muktamar NU ke-33, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), peserta penggembira selalu ada di setiap forum Muktamar NU. Yang menarik, jumlah peserta ‘tak resmi’ tersebut selalu  jauh lebih besar ketimbang peserta resmi.

“Mereka biasanya dari kalangan santri, simpatisan NU dan masyarakat umum yang turut memeriahkan muktamar,” demikian papar Saifullah Yusuf katanya saat Launching Sukses Muktamar NU ke-33 di halaman PWNU Jatim, seperti diwartakan Kompas.

Masih menurut Gus Ipul, peserta resmi muktamar (muktamirin) hanya sekitar 4.000 orang. Mereka berasal dari seluruh struktur wilayah NU hingga cabang di seluruh Indonesia.

“Selama empat hari empat malam, mereka akan menginap di empat pesantren di Jombang,” jelas sosok yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

Untuk penginapan bagi peserta dari luar daerah pihak panitia telah menyiapkan empat pesantren. Keempat pesantren di lokasi yang berbeda itu yakni, Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Darul Ulum Peterongan, Manba’ul Ma’arif Denanyar, dan Pesantren Tebuireng.

Tak hanya menjadi tempat penginapan, pesantren dimaksud juga akan difungsikan sebagai lokasi forum komisi, selain di lokasi utama yakni di alun-alun Jombang.

Sebagai informasi tambahan, kemarin (14/3) Launching Sukses Muktamar ke-33 NU menghadirkan tontonan wayang kulit. Tak tanggung-tanggung, pementasan wayang kulit yang  mengangkat lakon “Nurkala Kalidasa” tersebut dipimpin oleh dalang bupati Tegal, Jawa Tengah, Ki Entus Susmono. Ada ratusan warga yang hadir dalam pertunjukkan tersebut.

Tags:
author

Author: