Menyasar Good Corporate Governance, OJK Gelar Kompetisi

ojk lagi

Jakarta-pewartaekbis.com — Sesuai visinya untuk menjadi lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan banyak program kerja. Salah satunya adalah  berkoordinasi dengan sejumlah lembaga lain menggelar kompetisi Annual Report Award 2013 untuk mendukung terciptanya good corporate governance di Indonesia.

Tercatat lembaga lain yang ikut dalam penyelenggaraan kompetisi itu adalah Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance dan Ikatan Akuntan Indonesia, seperti keterangan OJK melalui laman resminya, Jumat (4/4/14).

Annual Report Award atau Kompetisi Laporan Tahunan pada tahun 2014 ini mengambil tema “Membangun Daya Saing Ekonomi Indonesia untuk Menyongsong Integrasi Ekonomi ASEAN 2015 Melalui Transparansi Informasi”.

Keikutsertaan perusahaan dalam Annual Report Award 2013 menjadi sarana bagi perusahaan untuk memperoleh masukan dari berbagai kalangan tentang seberapa baik laporan tahunan tersebut. Hal itu bermanfaat untuk memantapkan keberadaan perusahaan di komunitas industri.

Menurut OJK, Laporan Tahunan atau Annual Report kini tidak lagi dianggap sebatas pelaporan pertanggungjawaban manajemen dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

Saat ini, Laporan Tahunan juga telah menjadi media komunikasi yang efektif kepada semua pihak untuk menjelaskan tentang kinerja dan prospek perusahaan ke depan.

Dengan menjadikan laporan tahunan sebagai transparansi informasi, maka diharapkan akan tercipta Good Corporate Governance atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik, yang tentu bermanfaat untuk kemajuan sebuah perusahaan.

Annual Report Award ini berlaku untuk semua jenis perusahaan, termasuk BUMN/BUMD, perusahaan terbuka, maupun perusahaan tertutup. Acara ini juga berlaku untuk Dana Pensiun, baik itu Dana Pensiun Lembaga Keuangan maupun Dana Pensiun Pemberi Kerja.

Untuk mengikuti kompetisi itu peserta harus menyerahkan Laporan Tahunan 2013 paling lambat 16 Mei 2014 untuk periode I dan 4 Juli 2014 untuk periode II, sebanyak dua eksemplar.

Pendaftaran dilakukan ke Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) Gedung Arthaloka Ground Floor Suite 10 Jalan Jenderal Sudirman Kav 2 Jakarta Pusat, dan dilakukan dalam dua periode yaitu periode I: 28 Maret hingga 16 Mei 2014, dan periode II: 19 Mei hingga 4 Juli 2014.

Kriteria umum penilaian meliputi kemampuan memberikan gambaran yang baik dan jelas mengenai kegiatan operasional perusahaan dan penjelasan mengenai kinerja perusahaan serta indikasi arah perusahaan di masa yang akan datang.

Selain itu adanya informasi yang jelas mengenai penerapan good corporate governance, penyajian informasi keuangan yang baik dan informatif sesuai dengan ketentuan akuntansi yang berlaku di Indonesia dan kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku.

Tags:
author

Author: