Masjid Agung Al Aqsho Klaten Dilengkapi Lift?

masjid

Klaten~ Sebentar lagi masyarakat Klaten, Jawa Tengah, akan memiliki masjid megah dengan nama Masjid Agung Al Aqsho Klaten. Masjid yang selintas memiliki arsitektur khas Timur Tengah ini dibangun di eks Terminal Klaten. Lokasinya yang sangat strategis membuat siapapun yang melintasi Klaten akan melihat keelokan tempat ibadah umat Islam ini.

Seperti yang diwartakan Solopos, saat ini proses pembangunan Masjid Agung Al Aqsho Klaten memasuki tahu keempat. Masjid di tepi jalan raya Jogja-Solo ini menelan dana APBD 2015 sekitar 12 miliar rupiah. Dengan dana tersebut, tidak mengherankan jika masjid ini memiliki keindahan dan areal yang sangat luas.

“Untuk lokasi penataan anggaran yang dialokasikan sekitar Rp12 miliar. Itu untuk pembangunan lokasi parkir, kios, pembuatan taman, serta kolam. Kalau bangunan utama sudah selesai, tinggal finishing saja,” papar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten, Abdul Mursyid.

Untuk menambah keindahan dan pesona masjid, masjid ini akan dilengkapi menara setinggi 66,66 meter dengan diameter menara pada bagian bawah berukuran 25 meter. Nantinya menara tersebut akan dilengkapi lift serta beberapa ruangan yang salah satunya akan dimanfaat sebagai ruang pameran.

“Diameter menara pada bagian bawah 25 meter dan mengecil hingga ke bagian puncak menara. Pada ketinggian 40 meter, ada ruangan bagi masyarakat untuk melihat pemandangan Klaten dari atas,” kata abdul Mursyid.

Sebagai masjid megah di tepi jalan. Masjid ini juga disediakan bagi musfir atau pejalan yang ingin melaksanakan sholat atau istirahat. Bahkan, lokasi parkir masjid ini rencananaya mampu menampung 20 bus berukuran besar. Halaman parkir juga akan dilengkapi dengan kios.

Tags:
author

Author: