Masjid Menara Kudus, Peninggalan Sunan Kudus

masjid menara kudus

Kudus~ Sangat rugi jika ke Kudus tapi tidak meluangkan waktu untuk mengunjungi Masjid Menara Kudus. Masjid yang ada di dekat makam Sunan Kudus, salah satu dari Wali Songo, memang istimewa. Keistimewaan inilah yang memikat ribuan orang per hari mengunjungi objek wisata religi yang satu ini.

Masjid Menara Kudus dibangun oleh Sunang Kudus sekitar tahun 1549 M atau 956 H. seperti para sunan di masa itu, masjid merupakan sarana dakwah yang sarat akan makna. Dengan kebijaksanaan Sunan Kudus, arsitektur unik Masjid Menara Kudus terbukti sukses menyebarkan agama Islam di wilayah itu.

Ada lima pintu Masjid Menara Kudus di sebelah kanan, dan lima pintu di sebelah kiri. Di dalam masjid ada delapan tiang kayu jati yang masih berdiri kukuh hingga saat ini. Di samping masjid terdapat tempat wudhu yang diukir dengan  ‘arca’. Berdasarkan catatan sejarah, ukiran yang demikian dimaksudkan sang sunan untuk menarik perhatian umat yang saat itu baru mengenal Islam.

Tidak jauh dari masjid, ada Menara Kudus yang menjadi ikon dari masjid kuno ini. Menara Kudus memiliki tinggi 18 m, bagian dasarnya berukuran 10 x 10 m. Arsitektur bangunan ini pun hasil akulturasi dengan agama Hindu dan Budha yang telah lebih dulu ada di Kudus saat itu. Bahkan, ada sumber yang menyebutkan jika menara ini dulunya merupakan bekas candi.

Di belakang masjid  Menara Kudus, ada kompleks pemakaman yang selalu ramai diziarahi umat muslim dari berbagai penjuru daerah. Ya, di kompleks makam inilah terbaring jasad Sunan Kudus, beserta keluarga dan pendukungnya yang setia. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika selalu terdengar lantunan orang membaca ayat suci Al Qur’an di makam bersejarah ini.

Tags:
author

Author: