Mau KPR? Yuk, Tengok Kelebihan KPR Syariah

kpr

Jakarta- Produk Syariah beberapa waktu ini banyak digemari masyarakat. Terutama produk KPR Syariah menjadi pertimbangan masyarakat saat ingin membeli rumah atau bangunan. Sebenarnya, KPR syariah serupa dengan produk perbankan syariah lain. KPR syariah sama halnya produk syariah lainnya dalam sistem kredit tidak mengenal bunga, namun menggunakan perhitungan bagi hasil. Namun jika dibandingkan dengan produk KPR konvensional KPR syariah memiliki beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan saat memutuskan untuk kredit.

Pertama, KPR syariah memiliki beberapa alternatif pilihan akad yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis akad yang ditetapkan oleh KPR syariah. Yakni akad Murabahah (jual beli), akad Musyarakah Mutanaqishah (kepemilikan bertahap), akad Ijarah (sewa), dan Ijarah Muntahua Bittamlik(sewa beli). Namun, akad Murabahah dan Musyarakah merupakan pilihan akad yang sering ditawarkan.

Kedua, KPR Syariah menetapkan jumlah angsuran bulanan yang tetap. Sebab, pada awal kesepakatan juga menetapakan jumlah angsuran hingga jatuh tempo masa angsuran selesai. Jadi, dalam KPR Syariah harga jual ditetapkan di awal saat menandatangani perjanjian pembiayaan jual beli.

Ketiga, dalam KPR syariah tidak memberlakukan sistem penalti. Hal ini dikarenakan, karena harga KPR sudah ditetapkan sejak awal perjanjian. Meskipun demikian, saat ingin mengambil kredit harus terlebih dahulu membandingkan produk yang saat ini banyak ditawarkan. Dan jangan lupa hitung dengan cermat jumlah cicilan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.

Tags:
author

Author: