Mau Tau, Tips Menjaga Kesehatan Bayi? Lihat di Sini

gie
Pewartaekbis- Setiap orang tua pasti selalu ingin melihat si buah hati tumbuh sehat, aktif, dan ceria. Orangtua pasti sedih dan panik saat melihat kecerian si buah hati sayu dan lemas karena sakit. Apalagi saat ini memasuki akhir tahun, dimana cuaca di sekitar cenderung musim hujan. Sebagaimana kita ketahui musim hujan selalu diidentikan dengan penyakit, kuman dan bakteri. Karenanya, pada musim penghujan anak-anak akan lebih rentan terkena berbagai penyakit seperti diantaranya demam, flu, batuk hingga diare.

Hal ini disebabkan, sistem imun pada anak-anak belum terbentuk secara sempurna, karenanya si kecil akan menjadi lebih rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita dapat mengupayakan beberapa pecegahan untuk menjaga si buah hati agar tidak gampang sakit. Dikutip dari beberapa sumber, dibawah ini ada beberapa tips agar si kecil tidak mudah sakit, yaitu:

1. Jaga Kebersihan
Kotoran dan kuman merupakan sumber penyakit , karena bibit penyakit yang terdapat pada kotoran akan dengan mudah berkembang menjadi sarang penyakit. Oleh karena itu, kebersihan lingkungan sekitar, pakaian, tubuh serta makanan yang dikonsumsi si buah hati harus selalu terjaga kebersihanya.

2. Kebutuhan Cairan Terpenuhi
Cairan sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan proses-proses organnya dengan optimal. Apabila tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, maka tubuh sangat rentan terserang penyakit. Sebab, proses organ dalam tubuh seperti sirkulasi darah dan proses pencernaan terhambat dan tidak lancar. Untuk itu, pastikan jika anda selalu memenuhi kebutuhan cairan si kecil setiap hari.

3. Konsumsi Buah dan Sayur yang Cukup
Buah dan sayur merupakan sumber makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam porsi yang pas untuk anak-anak, maka hal ini akan membantu mereka untuk terhindar dari penyakit dan membuat sistem imunnya menjadi lebih kuat.

4. Berikan Suplemen
Untuk anak dengan usia berada diatas 2 tahun, orang tua bisa memberikan suplemen anak atau madu alami secara rutin sebagai obat imun untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan anti kuman, anti virus dan memiliki kemampuan untuk mengingkatkan kekebalan tubuh secara alami.

5.    Ajak Anak Beraktifitas
Untuk menjaga si buah hati agar tidak mudah sakit. Anak harus dirangsang untuk aktif dan ceria. Sebab dengan aktifitas yang membuat anak gembira dan ceria seperti bermain dapat membantu anak membangun imunitasnya sediri. Saat bermain dan bergerak syaraf motorik anak terangsang, sehingga tingkat kecerdasannya berkembang dan emosinya terlatih. Keceriaan anak merupakan salah satu kunci kesehatan anak secara sikologis, anak yang ceria teak mudah lesu dan murung. Karenanya, segera cari tahu penyebabnya jika tiba-tiba si kecil menjadi lesu dan pemurung.

Tags:
author

Author: