Mencontoh Brasil, Pertamina Rencanakan Kembangkan Bioetanol Dari Tebu

pertamina

Jakarta- Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tebu terbesar di dunia. Pemanfaatan tebu selain untuk bahan baku energi dan pangan juga rencananya akan dikembangakan menjadi bahan baku bahan bakar. Gagasan ini dicetuskan oleh PT Pertamina (Persero) yang berencana mengembangkan bioetanol dengan bahan baku tebu.

Bietanol sendiri merupakan Bahan Bakar Nabati (BBN) yang ramah lingkungan. Bioetanol juga relatif tidak membawa polutan, kecuali CO2 dan air. Dalam hal pemanfaatan tebu sebagai bahan baku pembuatan bioetanol ini, Indonesia mencontoh Brasil. Dimana, di Brasil pemanfaatan bioetanol berbahan baku tebu ini mencapai 80-90 persen.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh, Andianto Hidayat, Technology and Product Development Manager Gas Directorate Pertamina, selain biodiesel Pertamina juga akan mengembangkan bioetanol dengan bahan baku tebu. Untuk saat ini, mandatori pemerintah baru dua persen untuk second generation bioetanol, jika etanol ke gasoline, premium, pertamax, atau pertamax plus.

Andianto mengutarakan, bahwa Indonesia adalah negara yang unik karena dapat membuat mesin yang mengonsumsi etanol, serta memproduksi tebu berlimbah. Namun, dikonsumsi oleh negara asing , sementara kebutuhan bahan bakar Indonesia masih tergantung pada minyak.yang banyak tapi dipakai orang asing.

“Uniknya mesin yang mengonsumsi tersebut diproduksi di Toyota Indonesia yang diekspor ke Brasil. Sedangkan di Indonesia kita punya etanol kita produksi etanol itu tapi dipakai orang luar. Kita tetap pakai minyak,” kata Andianto.

Tags:
author

Author: