Mengapa 3 Muslim Dibunuh di Amerika Serikat?

(sumber: www.moslemforall.com)

(sumber: www.moslemforall.com)

Pewartaekbis~ Berita mengejutkan datang dari Amerika Serikat. Tiga mahasiswa muslim meninggal dunia akibat ditembak oleh seorang yang diduga ateis. Parahnya, aksi anarkis tersebut dilakukan pelaku di kompleks kampus University of North Carolina.

“Saya sangat kaget mendengar tembakan di kampus kami,” ungkap Kristen Boling, salah seorang saksi mata, seperti dilansir Al Jazeera (11/2).

Berdasarkan penjelasan dari pelaku setempat, peristiwa memilukan tersebut terjadi pada hari Selasa (10/2) sekitar pukul 17.15 waktu setempat. Pelakunya sudah ditangkap, atas nama Craig Stephen Hicks (46). Kini ia mendekam di Penjara Durham County, North Carolina.

Masih menurut penjelasan polisi setempat, korban ialah sepasang suami istri Deah Sahdi Barakat (23) dan Yusor Mohammad Abu-Salha (21). Satu korban lainnya ialah Yusor yang bernama Razan Mohammad Abu-Salha (19). Mereka dibunuh di apartemen tempat tinggal mereka oleh seorang lelaki bernama Craig Stephen Hicks.

Meski belum ada pernyataan resmi terkait motif pembunuhan ini, laman www.moslemforall.com menyebutkan jika pelaku penembakan secara rutin mengunggah gambar dan status di Facebook. Status tersebut berisi umpatan terhadap seluruh agama.

Sebagaimana diberitakan beberapa media, korban pembunuhan Barakat merupakan salahs atu warga Amerika Serikat yang menempuh pendidikan di jurusan kedokteran gigi Universitas North Carolina (UNC). Muslim yang satu ini sering terlibat dalam aksi amal untuk perawatan gigi bagi anak-anak di Palestina maupun para pengungsi.

Pasca penembakan tragis tersebut, banyak warga internet yang menunjukkan kemarahannya lewat media sosial.   Beragam komentar atas insiden memilukan itu menyebar secara cepat melalui tagar (#) MuslimLivesMatter di Twitter. Sementara itu,  kalangan aktivis media sosial mengkritik media mainstream Amerika karena seolah tutup mata atas ‘pembantaian’ tiga muslim ini.

Tags:
author

Author: