Mengapa Bayi Tidak Boleh Makan Sayur Dan Buah Terlalu Banyak?Temukan Jawabannya Disini

bayi

Jakarta – Terlalu banyak mengonsumsi buah dan sayur ternyata tak selamanya baik lho. Namun, hal ini diberlakukan untuk bayi yang berusia dibawah 3 tahun. Jika bayi diberikan buah dan sayur terlalu banyak justru akan mengurangi kalsium dan nutrisi lain yang ada pada tubuhnya. Itulah yang dikatakan dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan penyakit metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A(K).

Dr. Dayanti juga mengatakan, pemberian buah dan sayur yang terlalu banyak pada bayi, bahkan bisa membuatnya konstipasi atau sulit BAB. Hal ini dikarenakan, jika tubuhnya menerima banyak serat justru akan membuat semua nutrisi dalam tubuhnya terikat.

“Kalau sudah sekitar usia tiga tahun baru tidak masalah, karena usia itu lemaknya mulai turun dan ia harus makan yang mengenyangkan. Dan serat bisa mengenyangkan,” tutur Dr. Damayanti, pada jumpa pers Tetra Pak, di Jakarta, Kamis (2/7).

Namun, Dr. Damayanti juga mengatakan bukan berarti bayi tidak sama sekali diberi buah dan sayur. Jadi, saat bayi mulai mengonsumsi MP-ASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu), tetap harus dikenalkan dengan sayur dan buah, tapi dengan porsi sedikit saja. Dengan begitu, ia menyarankan pada usia enam bulan hingga dua tahun sebaiknya anak jangan diberikan terlalu banyak sayur dan buah.

“Bila saat makan pagi diberikan sayur, makan siang buah. Jangan digabung. Dan jumlahnya sedikit saja, yang penting ia kenal rasanya,” kata Dr. Damayanti.

Tags:
author

Author: