Mengenal Penyakit Crohn, Penyakit Radang Saluran Pencernaan yang Mirip Usus Buntu

sakit-perut

Jakarta – Crohn merupakan jenis penyakit radang saluran pencernaan yang berakibat fatal pada sistem lain di dalam tubuh. Crohn lebih sering terjadi pada bagian akhir usus kecil (ileum) atau usus besar.

Dilansir dari Kompas.com, Ellen J. Scherl, MD, direktur Jill Roberts Center for Inflammatory Bowel Disease, profesor medis klinis Weill Cornell Medicine, dan dokter di New York-Presbyterian Hospital/Weill Cornell Medical Center menjelaskan, penyakit Crohn adalah jenis penyakit radang usus (Inflammatory Bowel Disease) yang dapat memengaruhi setiap bagian saluran pencernaan mulai dari mulut hingga ke anus.

Sebutan lain untuk penyakit ini adalah Crohn’s disease, CD, regional enteritis, dan chronic granulomatous ileocolitis. Adapun gejala khas dari penyakit ini diantaranya adalah diare kronis dan gejala gangguan pencernaan. Sementara beberapa gejala lainnya bisa meniru gejala lain sepert sakit perut terasa di area kuadran kanan bawah, di bawah pusar.

Bedanya penyakit Crohn dengan nyeri usus buntu adalah pada kasus usus buntu nyeri terasa tajam dan akut, sedangkan jika karena penyakit Crohn akan berlangsung kronis dan intermiten atau berkesinambungan.

Gejala lainya adalah kehilangan berat badan. Hal ini dikarenakan, jika mengalami diare kronis dan merasa terlalu sakit untuk makan, tentu saja yang terjadi adalah berkurangnya berat badan.

Selain itu, Crohn juga dapat menyebabkan batu ginjal dan peradangan dan luka di mulut, serta menyebabkan mata bengkak. Bahkan, gejala Crohn mungkin saja muncul ditandai dengan kulit kemerahan seperti gigitan laba-laba pada daerah kulit yang lunak atau lembut.

Oleh karena banyaknya gejala yang mungkin muncul, sebaiknya berbagai tes diagnostik mungkin diperlukan untuk memastikan diagnosis terhadap beberapa gejala yang telah disebutkan.

Tags:
author

Author: