Mengenal Penyebab Munculnya Varises

kaki

Jakarta- Varises atau tonjolan pembuluh darah berwarna kebiruan yang biasa muncul dibagian betis merupakan salah satu gangguan kesehatan. Selain disebabkan faktor usia, varises muncul karena gaya hidup yang tidak sehat.

Dilansir dari Kompas.com, varises tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga mengganggu kesehatan. Beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya varises adalah terlalu banyak diam.

Orang yang kurang olahraga atau kurang gerak aktif memiliki risiko tinggi terkena varises. Oleh karena itu, olahraga teratur sangat disarankan untuk meminimalisir munculnya tonjolan pembuluh darah ini. Hal ini dikarenakan, olahraga yang teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah darah mengumpul di pembuluh darah.

Faktor kedua penyebab varises adalah kurangnya asupan vitamin C. Hal ini dikarenakan, komponen penting dari kolagen bermanfaat mencegah varises muncul.

Selanjutnya, varises dapat muncul akibat berat badan yang berlebihan. Sebab, mereka yang memiliki bobot kaki yang besar tidak mampu memompa darah kembali ke jantung, dan darah pun mengumpul dalam pembuluh darah yang kemudian membentuk varises.

Faktor lainnya adalah memiliki kebiasaan terlalu lama duduk atau berdiri. Kedua kebiasaan ini dapat memperlambat proses pemompaan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, sering-seringlah bergerak disela-sela waktu kerja untuk melenturkan otot-otot kaki. Hal ini penting dilakukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk atau berdiri berlama-lama.

Rate this article!
Tags:
author

Author: