Mengetahui Steve Jobs Penyuka Sesama Jenis, Rusia Singkirkan Monumen Jobs di St Petersburg

Monumen Steve Jobs berbentuk iPhone di St Petersburg, Russia akhirnya dibongkar

Monumen Steve Jobs berbentuk iPhone di St Petersburg, Russia akhirnya dibongkar

Pewartaekbis — Pemerintah Russia mengambil kebijakan untuk menyingkirkan monumen mendiang pendiri Apple, Steve Jobs setelah CEO Apple Tim Cook mengungkapkan pekan lalu bahwa Jobs gay alias seorang homoseksual. Monumen itu disingkirkan Jumat pekan lalu.

St Petersburg sebagai kota paling liberal di Russia tercatat memiliki satu monumen Steve jobs berbentuk iPhone raksasa di salah satu universitasnya. Monumen ini diletakkan di sana pada 2013 atas inisiatif  Maxim Dolgopolov, bos perusahaan ZEFS. Namun setelah Cook membeberkan orientasi seksual Jobs dalam Bloomberg Businessweek Kamis pekan lalu, perusahaan ini memutuskan untuk menyingkirkan patung tersebut. Monumen tersebut dibangun sekitar satu tahun setelah Jobs meninggal dunia.

“Undang-undang Rusia melarang propaganda homoseksualitas dan penyimpangan seksual lainnya,” tulis ZEFS dalam pernyataan yang disiarkan laman radio Rusia Ekho Moskvy.

“Monumen itu dibongkar sesuai dengan UU federal Rusia mengenai perlindungan anak-anak dari informasi yang mempromosikan penyangkalan atas nilai-nilai tradisional keluarga.”

Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani UU itu pada 2013 yang berisi larangan “propaganda hubungan seksual tidak lazim kepada anak-anak,” beberapa bulan setelah monumen iPhone didirikan.

Putin menyatakan UU itu bukan diskriminatif, melainkan menjaga anak-anak tetap aman.

TSebenarnya saat monumen itu didirikan, sebuah organisasi bernama “Komunis Wilayah St. Petersburg dan Leningrad” sudah menyampaikan keluhannya bahwa monumen yang menampilkan wajah Jobs itu kelihatan seperti bentuk kelamin sehingga kurang nyaman jika diakses oleh  anak-anak dan mahasiswa. Lagi pula, kata organisasi ini, strukturnya  melambangkan superioritas gaya hidup Amerika dengan adanya  Washington Post dalam lamannya.

Tags: