Mengintip Kedekatan Presiden Jokowi dengan Habib Luthfi

habib-luthfi

Pekalongan – Kehadiran Presiden Joko Widodo memeriahkan peringatan Maulid Nabi di gedung Kanzus Sholawat, Pekalongan (8/1). Presiden Joko Widodo di beberapa kesempatan juga nampak menggandeng ulama karismatik yang menginisiasi acara ini, Habib M Luthfi bin Yahya.

Mengutip dari detik.com, Presiden Jokowi sudah dekat dengan Habib Luthfi saat masih berstatus sebagai Wali Kota Solo.

“Saya kenal Jokowi bukan baru-baru ini, saya kenal Pak Jokowi sudah lama, sejak masih jadi Wali Kota Solo,” ungkap Habib Luthfi bin Yahya di area gedung Kanzus Sholawat, Pekalongan, Jawa Tengah (8/1).

Dalam kesempatan tersebut, presiden mengenakan setelah jas hitam, peci hitam, dan sarung. Adapun Habib Luthfi mengenakan gamis putih dan surban warna putih dan hijau. Kedua tokoh ini tampak akrab dengan bergandengan tangan menuju lokasi acara.

Di panggung, Presiden Jokowi duduk bersebelahan dengan Habib Luthfi. Keduanya terlihat khusyuk saat berdoa. Sementara itu, di samping kanan Jokowi adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengingatkan jemaah majelis selawat terkait persatuan dan kesatuan NKRI.

“Seperti dicontohkan Nabi dalam hal politik, kekuatan politik. Rasul pernah membentuk kontrak politik dengan semua unsur, dengan semua komponen masyarakat, melalui Piagam Madinah untuk mempersatukan, untuk kesatuan. Dengan piagam ini, jelas sekali bahwa ajaran Islam, umat Islam, menghargai kemajemukan suku, kemajemukan golongan, beraneka macamnya agama,” jelas politikus asal Solo ini (8/1).

Tags:
author

Author: