Menikmati Keelokan Kabupaten Seribu Megalit, Lahat

Megalit 

Sumatra~ Kabupaten Lahat memiliki julukan yang cukup unik, yaitu Kabupaten seribu megalit. Konon, lebih dari seribu benda peninggalan era megalitik tersebar di penjuru kabupaten ini. Bahkan, salah satu kabupaten di Pulau Sumatra ini telah ditetapkan sebagai pemilik situs megalit terbanyak di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (Muri).

Salah satu daerah yang sering dikunjungi pecinta purbakala ialah Desa Tinggihari di Kecamatan Gumay Ulu. Desa ini memang menyimpan banyak batu megalit. Berdasarkan data yang ada, peninggalan batu megalit di Desa Tinggi Hari terbagi dalam beberapa kelompok. Salah satu kelompok yang dimaksud yaitu Situs Tinggihari I.

Di Situs Tinggihari I terdapat menhir berupa batu tegak dengan tinggi lebih kurang 3 m. Yang menarik, para ahli purbakala menyebut inilah menhir terbagus yang ada di dunia. Hal itu karena peninggalan bersejarah ini memiliki ukirannya yang menakjubkan. Permukaan menhir itu berukiran manusia yang di bawahnya terdapat manusia-manusia lain yang saling memanggul.

Tidak jauh dari menihir eksotis ini, berdiri arca manusia dengan posisi duduk agak membungkuk. Sayang arca tersebut sudah tidak lengkap. Kepalanya sudah hilang mungkin dicuri tangan-tangan jahil. Leher tanpa kepala itu mengenakan kalung besar, menyerupai logam, yang dibentuk bulat-bulat dan dirajut dengan tali. Konon kalung ini melambangkan status sosial pada masa itu.

Tags:
author

Author: