Menperin: “Majunya Indonesia, membutuhkan generasi muda

kerja

Jakarta- Angin segar disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Ia yakin Indonesia akan menjadi negara maju dalam satu dekade ke depan. Kunci kesukses tersebu adalah generasi muda yang giat belajar dan berkomitmen tampil unggul.

“Majunya Indonesia, membutuhkan generasi muda yang selalu siap untuk maju dan bersaing. Untuk bisa siap bersaing, maka perlu committed to excellence,” sebutnya (16/9).

Dunia industri saat ini menurutnya memerlukan tenaga kerja yang terampil dan kompeten.

“Kita ketahui, sektor industri merupakan motor penggerak utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karenanya, diperlukan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang sesuai kebutuhan industri saat ini,” imbuhnya.

Hitungan yang dilakukan lembaganya, target pertumbuhan industri nasional sebesar 5 sampai 6 persen per tahun. Untuk iu, sektor industri memerlukan tenaga kerja sebanyak 600.000 orang setiap tahun.

Dalam menyiapkan tenaga dimaksud, Kemenperin \mengembangkan program pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi.

“Salah satunya melalui Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) di Solo dan memfasilitasi program diklat ‘3 in 1’ untuk operator mesin garmen,” lanjut Airlangga seperti diwarakan Kompas.

Untuk  diketahui, industri TPT merupakan sektor padat karya yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1,5 juta orang atau sebesar 10,36 persen tenaga kerja di sektor industri.

“Kami menargetkan industri TPT selaku sektor strategis dan prioritas ini segera menjadi tuan rumah di negeri sendiri sekaligus masuk dalam jajaran lima besar negara eksportir TPT dunia,” kata Airlangga.

Tags:
author

Author: