Menteri Susi, Asuransi Gratis Untuk Sejuta Nelayan

nelayan

JAKARTA – Tahun ini La Nina diprediksi akan membuat angin laut yang cukup kencang. Namun, di saat yang sama La Nina ini juga akan mengundang banyak ikan tuna untuk masuk ke perairan Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, menjawab pertanyaan terkait persiapan menjelang La Nina ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah mengusahakan anggaran tahun 2016 sebesar Rp 250 miliar untuk memberikan asuransi gratis untuk satu juta nelayan.

Para nelayan yang akan mendapatkan asuransi ini ditunjukkan untuk para nelayan yang memiliki perahu kecil sendiri. Asuransi gratis yang diberikan ini meliputi asuransi jiwa, asuransi pendidikan anak dan asuransi personal accident.

Dari Subsidi penuh APBN ini, nelayan nantinya tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun misalnya untuk pembiayaan premi.

“Tapi bukan untuk ABK kapal ya, karena itu tanggung jawab pemilik kapal,” kata menteri Susi di Jakarta (15/1/2016).

Sampai saat ini tender perusahaan asuransi untuk nelayan belum dilakukan. Program ini juga membuka kemungkinan kerjasama dengan perusahaan swasta.

Meski demikian, Menteri Susi menyatakan, kini pihaknya tengah dalam proses negosiasi agar bisa lebih dari satu juta nelayan. Menteri Susi mengatakan, KKP akan segera menjalankan program ini secepatnya.

“Kami usahakan minimal 1 juta nelayan dapat asuransi. Tapi lagi negosiasi agar bisa lebih dari 1 juta nelayan,” ujar dia.

Tags:
author

Author: