Menteri Susi Beri Kuliah di Oxford University

susi

Pewartaekbis~ Salah satu menteri fenomenal di Kabinet Kerja ialah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ya, ia dikenal sebagai sosok yang berani memberantas kapal-kapal pencuri ikan. Tak hanya di dalam negeri, sepak terjangnya dikenal hingga ke berbagai penjuru dunia.

Beberapa waktu lalu Menteri Susi bahkan diminta untuk memberikan kuliah di Harvard University. Meskipun tak pernah mengenyam bangku kuliah, di kampus itu ia memberi kuliah dengan judul “Indonesia as A Maritime Axis: Challenges and Opportunities”

Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan apik oleh Menteri Susi. Ia menerangkan maraknya kasus pencurian ikan di Indonesia dan pemerintah yang tak ragu meledakkan kapal pencuri ikan.

“Pencurian ikan merugikan kami hingga Rp 260 triliun per tahun,” katanya di Harvard University.

Walau hanya lulusan SMP, Direktur Akademi ASH Center, Harvard Kennedy School, Jay K. Rosengard, mengaku tak ambil pusing dengan latar belakang pendidikan Bu Susi. Ia memandang seseorang tak dinilai dari panjang atau tidaknya gelar di belakang namanya, tetapi lebih kepada kemampuan orang tersebut.

“Bukan seberapa panjang nama (deretan gelar sarjana) yang Anda punya,” beber Jay.

Tidak hanya memberikan kuliah di Harvard University, ia juga diminta hadir di Seafood Expo North America, Boston Convention and Exhibition Center, Massachusetts. Ajang ini merupakan pameran kelautan terbesar di Amerika.

Tags:
author

Author: