Menteri Susi ‘Sukses’ Memotong Anggaran Hingga Rp2,9 Triliun

susi

Jakarta~ Menteri Susi memang seolah tidak pernah berhenti membuat kejutan. Setelah banyak kebijakannya yang menjadi sorotan, kini ia mengajukan pemotongan anggaran untuk kementerian yang dipimpinnya hingga Rp 2,9 triliun.

“Dengan efisiensi dari pembelanjaan non-operasional, sehingga total pagu KKP tahun 2016 yang akan kita pergunakan hanya Rp 10,87 triliun untuk R-APBNP 2016,” sebut Susi dalam rapat kerja dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Jakarta (13/4).

Menurutnya, pemotongan anggaran ini sudah sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo dalam sidang kabinet 7 April 2016.

“Diminta melakukan penghematan anggaran, dikarenakan adanya perubahan asumsi makro dan penurunan pendapatan pajak,” tambah Susi.

Ia juga menyatakan jika kementeriannya telah melakukan self-blocking sebesar Rp 2,9 triliun.

Seperti diwartakan Kompas, APBN 2016 mengalokasikan pagu KKP sebesar Rp 13,8 triliun. Anggaran yang diterima Kementerian Kelautan dan Perikanan  tiap tahun mengalami peningkatan.

“APBN 2016 KKP difokuskan untuk kegiatan lebih produktif lagi. Kepentingan stakeholders dialokasikan (hampir) 80 persen dari anggaran total KKP. Porsi belanja di luar kepentinganstakeholders hanya 28,7 persen,” tandasnya.

Tags:
author

Author: