Menteri Susi Yakin, Indonesia Bisa Jadi Pemasok Utama Seafood Dunia

susi

Jakarta- Beberapa kebijakan dan tindakan tegas yang dilaukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti membawa perubahan besar bagi Indonesia. Indonesia yang kaya akan sumberdaya alam yang begitu melimpah diyakini Menteri susi bisa menjadi pemasok utama diberbagai sektor, salah satunya adalah pemasok utama seafood dunia.

Ia berharap dengan kebijakan yang tegas dapat mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim seperti zaman nenek moyang kala. Menteri Susi menegaskan, bahwa cita-cita Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia bukanlah hanya mimpi belaka. Sebab, harapan itu sudah menjadi hal yang pantas dan logis karena dua pertiga wilayah Indonesia adalah laut. Ia meyakini hal tersebut dapat dicapai Indonesia, yang tersisa hanya tinggal bagaimana mengubah cara pandang masyarakat Indonesia sendiri.

Menteri Susi dalam Rakernas Ditjen Perhubungan Laut, di Kemenhub, Jakarta, Senin (2/3/2015) mengatakan, bahwa kita masyarakat Indonesi harus mengubah kebiasaan impor.

“Kita juga harus bisa makan ikan laut, karena dua pertiga wilayah kita laut, tidak makan ikan budidaya saja seperti lele, mujair, dan patin yang parah lagi pakannya 60 hingga 80 persen import,” kata Menteri Susi.

Ia menekankan, bahwa yang Indonesi perlukan adalah disiplin dan kemampuan bekerja sama untuk mencapainya. Dengan harapan, di MEA mendatang, Indonesia dengan 250 juta penduduknya tidak hanya jadi target pasar saja. Selain itu, Susi juga mengkritik para pengusaha Indonesia yang menurut dia hanya mementingkan sisi komersial saja, tanpa melihat keberlanjutan dari sumber daya alam.

“Di sini saya lihat banyak pengusaha Indonesia itu yang berpikiransustainability untuk keuntungan saja, commercial side saja. Lupa sumber daya alam pasti ada habisnya, ketika habis kan tidak ada berkelanjutan,” kata Menteri Susi.

Tags:
author

Author: