Menunggu Kebijakan ‘Satu Peta’ Diimplementasikan

(ilustrasi)

(ilustrasi)

Pewartaekbis~ Kabar menarik untuk Anda yang biasa berkutat dengan peta Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pasalnya, tahun depat pemerintah menargetkan segera mengimplementasikan kebijakan satu peta (one map policy).

Sebelum kebijakan itu diluncurkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku pemerintah akan terlebih dahulu menyelesaikan peta dasar dengan skala 1:50.000. Targetnya, peta tersebut akan jadi akhir tahun 2015.

Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penyelesaian peta tersebut, salah satunya karena tujuh provinsi baru menyelesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) beberapa waktu lalu. Tujuh provinsi dimaksud yaitu Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

“Peta dasarnya, referensi itu baru akan selesai akhir tahun ini. Nanti setelah itu akan ada langkah-langka selanjutnya untuk membuat dia lebih bisa digunakan secara nasional,” jelas Darmin (5/11).

Dijelaskan Darmin, kebijakan satu peta sangat penting. Meskipun tiap-tiap provinsi memiliki RTRW, belum seluruh rencana program pemerintah masuk dalam peta dasar.

“Akhir tahun ini peta dasar akan tersedia dan selesai diperbarui oleh Badan Geospasial. Peta ini akan menjadi dasar penetapan izin lokasi, AMDAL, batas administrasi, serta peta-peta tematik seperti kawasan hutan,” pungkas Darmin seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: