Menyerahkan Orang Gila Dapat Hadiah Rp 2 Juta

dokter

Purwakarta ~ Ada sayembara unik dan menarik yang digagas Pemkab Purwakarta. Dengan iming-iming Rp 2 juta, Pemkab meminta agar warga gangguan jiwa dirawat hingga sembuh. Hal sebaliknya akan diberlakukan bagi aparat desa yang tidak melaporkan keberadaan warganya yang mengalami gangguan kejiwaan.

“Tapi bagi Ketua RT, RW atau Kepala Desa yang tidak melapor ada warganya yang mengalami gangguan jiwa maka honorariumnya akan dihentikan selama tiga bulan karena dianggap lalai,” sebut Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi (9/10).

Sayembara tersebut menurut sang bupati dibuat lantaran selama ini banyak warga yang malu jika memiliki keluarga dengan gangguan jiwa. Mereka bahkan memilih untuk membiarkannya bahkan tak jarang pengidap gangguan jiwa itu dikurung atau dipasung secara tidak manusiawi.

Untuk pengobatan, Pemkab Purwakarta akan bekerjasama dengan Yayasan Mutiara Hati di Tasikmalaya. Yayasan tersebut memang sudah berhasil menyembuhkan banyak pasien tanpa menggunakan obat dan tidak menargetkan biaya.

“Selama ini kan yang bikin mahal itu bayar obat. Kalau di Tasikmalaya itu tidak pakai obat tapi psikologi alam. Memang proses penyembuhannya lebih lama tapi sembuh dan tidak akan kambuh,” imbuhnya seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: