Mobil Mati Karena Medan Magnet Kereta itu Hanya Mitos

kereta

Pewartaekbis~ Selama ini, banyak masyarakat berasumsi jika mesin kendaraan bermotor bisa mati jika terlalu dekat dengan kereta yang tengah melaju. Penyebabnya, terdapat medan magnet yang sangat kuat. Ternyata, asumsi semacam itu salah besar.

Dijelaskan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto, penyebab mesin mobil mudah mati saat melintas di pelintasan sebidang kereta dan jalan raya lebih karena pengemudi panic.

“Kalau mobil mati, itu biasanya terjadi karena panik. Dari penelitian kami belum ada istilah mati karena ada medan magnetik karena kereta lewat,” sebut Hermanto di Kantor Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu.

Hermanto juga menerangkan jika banyak pelintasan sebidang memiliki kontur yang bergelombang. Menghadapi jalan tidak rata tersebut, seharusnya pengendara mobil menggunakan persneling untuk kecepatan rendah. Namun karena panik, pengguna mobil sering lupa melakukan hal tersebut.

“Harusnya pakai gigi 1, malah gigi 4. Makanya mesinnya mati,” lanjutnya seperti diwartakan Kompas.

Sebagaimana diketahui, pelintasan sebidang sudah sering menjadi lokasi kecelakaan antara kereta dan kendaraan non-kereta. Khususnya di Jakarta. Oleh sebab itu, PT KAI mengusulkan Pemprov DKI agar menutup pelintasan tersebut dengan mempercepat pembangunan jalan layang dan terowongan.

Tags:
author

Author: