Momen Hilangnya Pesawat Malaysia Air Lines

Kuala Lumpur, Pewartaekbis.com, Pesawat Malaysia Air Lines nomor pnerbangan MH370 meninggalkan Kuala Lumpur pada Sabtu sekitar pukul 00.21 dan diperkirakan akan tiba di Beijing sekitar pukul 06.30 waktu setempat, di hari yang sama. Namun pesawat Boeing 777 yang membawa 227 penumpang dan 12 kru itu kehilangan kontak dengan pengawas lalu lintas udara, Sabtu (8/3) dini hari.

pesawat hilang

Berikut momen-momen kritis hilangnya kontak terhadap pesawat Malaysia Airlines yang membawa 227 penumpang dan 12 kru tersebut:

  •  Pesawat meninggalkan Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Sabtu pukul 00.41 waktu setempat. Pesawat diperkirakan akan mendarat di Beijing pada pukul 6.30 pada hari yang sama.
  • Dua  jam kemudian, atau sekitar pukul 02.40 Malaysia Airlines menyatakan pesawat dengan nomor penerbangan MH370 menghilang pada 02.40, Sabtu (8/3) dini hari WIB di atas wilayah udara Vietnam.
  • Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam (CAAV) mengatakan kode pesawat tidak muncul dalam sistem navigasi dan pesawat gagal untuk check in sesuai jadwal.
  • Posisi terakhir pesawat saat melakukan kontak ada di 120 mil laut sebelah timur Kota Baru, di atas perairan Laut China Selatan, di wilayah udara antara Vietnam dan Malaysia.
  • Sempat muncul spekulasi bahwa pesawat berkode MH370 itu telah mendarat di sebuah bandara di Tiongkok. Namun kabar tersebut masih diverivikasi kebenarannya.
  • Dilansir oleh CNN, pemerintah China mengirim dua kapal evakuasi menuju perairan Laut China Selatan untuk bersiap melakukan upaya evakuasi jika terjadi kemungkinan terburuk. Ditengarai terdapat 158 warga negara China di dalam pesawat tersebut.
  • Dugaan bahwa pesawat milik Malaysia Airlines (MAS) rute Kuala Lumpur-Beijing mengalami kecelakaan semakin menguat setelah sebuah radar Angkatan laut Vietnam menyebut pesawat berkode MH370 jatuh di perairan Laut China Selatan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: Pesawat Malaysia Air Lines Hilang 

Tags:
author

Author: