Muhammadiyah Akan Bikin Partai Politik?

din

Makassar~ Dalam Sidang Pleno I Muktamar Muhammadiyah Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyampaikan beberapa opsi bagi Muhammadiyah. Opsi pertama, Muhammadiyah tetap pada jati dirinya sebagai gerakan dakwah pencerahan yang berorientasi kultural.

“Dalam hal ini Muhammadiyah tidak terpengaruh sama sekali terhadap politik kekuasaan dan hubungan dengan parpol dilakukan melalui pendekatan menjaga kedekatan yang sama dengan semua parpol,” sebut Din seperti diwartakan Kompas.

Dengan opsi ini, Muhammadiyah akan memilih sikap netral dalam pileg maupun pilpres. Meski demikian, Muhammadiyah tetap berpihak pada nilai-nilai kebenaran  tanpa harus takut terpinggirkan.

Opsi kedua, lanjut Din,  Muhammadiyah akan mendirikan parpol baru sebagai sebuah amal usaha. Atau, mengembangkan sebuah ‘hubungan khusus’ dengan parpol tertentu sebagai parpol utama.

“Bedanya dengan yang pertama, persyarikatan menentukan kepemimpinan dan kebijakan partai. Sedangkan pada yang kedua, partai memiliki independensi dan hubungan dengan Muhammadiyah bersifat aspiratif,” lanjutnya.

Adapun opsi terakhir adalah Muhammadiyah tetap pada jati dirinya sebagai gerakan dakwah pencerahan yang berorientasi kultural. Ketika pileg maupun pilpres, Muhammadiyah akan mendukung calon yang dinilai dapat memperjuangkan kepentingan Muhammadiyah.

“Tentunya dengan syarat mereka mempunyai sifat amanah, memiliki kecakapan, integritas moral dan kapasitas intelektual, serta loyal daj peduli pada organisasi Muhammadiyah,” imbuhnya kemudian.

Tags:
author

Author: