Mulai Tahun depan, Ada Syarat Tambahan Pengajuan IMB di Bandung

Kredit Pemilikan Rumah di Bank

Kredit Pemilikan Rumah di Bank

Bandung – Kabar terkini datang dari Kota Bandung. Anda yang ingin mendapatkan mendapatkan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) di Kota Bandung harus lulus sertifikasi ‘bangunan hijau’. Aturan ini bakal diberlakukan pemkot per 1 Januari 2017 mendatang.

“Dalam rangka menyelamatkan masa depan lingkungan Kota Bandung, untuk perhatian para arsitek/kontraktor/developer, mulai 1 Januari 2017, IMB (Izin Mendirikan Bangunan) tidak akan diberikan jika rumah/gedung tidak lulus sertifikasi ‘bangunan hijau’ yang hemat energi, hemat air, daur ulang, banyak RTH/pepohonan dll,” demikian keterangan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, melalui akun instagramnya (19/10).

Aturan ini diharapkannya akan membuat bangunan-bangunan di Kota Bandung ramah lingkungan. Selain itu, Ridwan Kamil juga menyebutkan jika aturan ini member keuntungan bagi pemilik bangunan, yakni pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Jika kualitas ramah lingkungannya sangat baik, ada insentif pengurangan pajak PBB & penambahan intensitas bangunan KLB. #saveBDG,” imbuhnya.

Sebenarnya, wacana dari aturan ini sudah beredar cukup lama. Ridwan Kamil sendiri sudah melontarkan gagasan ini pada Mei 2016. Menurutnya, wacana didasarkan pada hasil penelitian di ITB bahwa suhu Kota Bandung meningkat tanpa diimbangi laju pertumbuhan lahan hijau.

“Pembangunan tidak bisa dihentikan, kecuali dikendalikan. Maka kita ada Perwali Green Building. Siapa yang tidak green building, tidak dikasih IMB,” tandasnya seperti diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: