Museum Jenderal Soesilo Soedirman, Saksi Perjalanan Hidup Seorang Jenderal

museum soesilo soedirman

Cilacap~ Jangan mengaku sebagai pecinta sejarah bangsa jika Anda belum mengunjungi Museum Jenderal Soesilo Soedirman ketika ada di Kabupaten Cilacap. Sesuai namanya, museum ini menyimpan berbagai benda bersejarah sang Jenderal TNI yang pernah menduduki berbagai jabatan penting. Jabatan yang dimaksud antara lain Menko Polkam Kabinet Pembangunan VI, Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Kabinet Pembangunan V; Ketua Umum Persatuan Purnawirawan; dan Warakawuri ABRI (PEPABRI).

Di halaman museum terpajang kendaraan Panser Amphibi BRDM Batalyon Kavaleri I TNI-AD ”Badak Putih” buatan Rusia tahun 1958.  Kendaraan ini dipajang guna mengenang jasa Soesilo Soedarmo sebagai seorang komandan batalyon.  Selain itu, beragam benda yang berkaitan dengan jabatan Soesilo Soedarman semasa hidup dipajang di museum ini.  Benda yang dimaksud antara lain patung badak cula satu, replika pesawat Boeing 747-400 Garuda Indonesia, dan pesawat patroli maritim NOMAD N-22 TNI-AL dengan nomor P-806 yang merupakan pesawat Panglima Kowilhan-I.

Berbagai perabot rumah tangga dan ornamen pusaka Jawa yang digunakan pada akhir abad XIX hingga awal abad XX menjadi penghias setiap sudut ruangan museum.  Selain itu, berbagai foto masa lalu Soesilo Soedarman sebagai seorang tokoh pejuang dan tokoh masyarakat terpajang dengan kuat di dinding museum. Bahkan ada foto mulai dari sang jenderal kecil hingga perjalanan karirnya menjadi tokoh yang sangat disegani.

Ada juga koleksi Bintang Kehormatan dan Penghargaan dari berbagai negara milik Soesilo Soedarman. Selain itu, terdapat berbagai koleksi pistol dan senapan militeryang dipajang sedemikian rupa sehingga nikmat untuk dilihat.

Berdasarkan sumber terpercaya, Museum Soesilo Soedarmo diresmikan oleh direktur utama PT Telkom Tbk pada tanggal 24 Maret 2000.  Konon, museum ini menempati bangunan Pendopo Wisma Mbah Ageng yang dibangun pada tahun 1899 oleh Eyang Dipakarsa, eyang buyut dari Soesilo Soedarman.

Tags:
author

Author: