Musik dan Kesehatan

musik

Jakarta- Musik ternyata tak hanya membuat kita bahagia dan senang, musik juga memiliki peran dalam meningkatkan kesehatan kita. Dari menikmati musik membuat kita lebih menghargai kehidupan.

Beberapa manfaat yang didapat dari menikmati atau mendengarkan musik seperti dilansir dari Kompas.com, secara psikologis dapat meredakan stres dan bahkan mengurangi gejala depresi. Berdasarkan penelitian yang pernah ada  musik dapat mengurangi kecemasan hingga 65 persen. Karenanya, hanya dengan mendengarkan musik saja sudah menjadi obat bagi diri yang lelah.

Musik membuat suasana hati menjadi baik dan membantu penyembuhan bagi mereka yang sedang sakit hati. Sebuah studi dari 2014 menemukan, ketika seseorang mendengarkan lagu melankolis mereka mengalami lebih banyak empati karena mereka terhubung dengan kesedihan dalam musik. itu tetapi tak mengalami “implikasi di dunia nyata” dari kejadian sedih. Hal ini menjadikan katarsis bagi pendengarnya.

Selain itu, musik  juga menjadi mendongkrak semangat dan dapat membantu kita bekerja dengan baik meskipun di bawah tekanan. Bahkan para ahli percaya bahwa otak kita tetap dekat dengan musik dari masa muda karena kita mendengarkannya ketika masih membangun diri sendiri, koneksi sosial dan dunia di sekitar. Dengan cara sendiri, musik memberi informasi identitas diri Anda.

Rate this article!
Musik dan Kesehatan,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
author

Author: