Nahdlatul Ulama (NU) Nyatakan Besok Sabtu Masuk Bulan Rajab

hilal

Pewartaekbis~ Lembaga Falakiyah milik Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan jika tanggal 1 Rajab 1437 hijriah akan jatuh pada Sabtu mendatang (9/4). Diterangkan oleh Ketua LF PBNU KH A Ghazalie Masroeri, pernyataan  ini didasarkan atas hasil istikmal atau penyempurnaan jumlah tanggal bulan menjadi 30 hari. Pasalnya, tim rukyat Lembaga Falakiyah PBNU tak melihat hilal pada Kamis (7/4) petang.

“Kesimpulan tersebut sudah sesuai dengan prediksi hasil hisab atau penghitugan astronomis sebagaimana yang tercatat dalam almanak resmi Lembaga Falakiyah. Berdasarkan hisab awal bulan markaz Jakarta, 1 Rajab terjadi pada (malam) Sabtu Wage, 9 April 2016. Ijtima’ atau konjungsi terjadi pada Kamis Pahing (7/4), pukul 18:24, dengan tinggi hilal 00 22′ 19′ di bawah ufuk.” demikian cuplikan dari laman resmi Nahdlatul Ulama.

Artinya, umat Islam yang ingin melaksanakan puasa Rajab bisa memulainya Sabtu mendatang. Sebagaimana diketahui, Rajab termasuk salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam di samping Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Ramadlan.

Tags:
author

Author: