Nakamoto: Saya Tidak Terlibat Bitcoin!

satoshi nakamotoSatoshi Nakamoto sosok yang dikenal sebagai penemu Bitcoin akhirnya ditemukan. Seperti dilansir dari Newsweek, seorang warga AS bernama Dorian S. Nakomoto ditemukan  tinggal di rumah sederhana dua lantai di pinggiran Los Angeles ditengarai sebagai tokoh yang menulis artikel mengenai kerangka bitcoin dan menciptakan software yang menjadi backbone mata uang virtual ini. Namun, fisikawan berusia 64 tahun ini membantah keterlibatannya dengan bitcoin. “Saya tidak terlibat dengan bitcoin.” ujar Nakamoto kepada para jurnalis yang membuntutinya.

Nakamoto lahir di Jepang pada tahun 1949 dan pindah ke California saat berusia 10 tahun. Warga keturunan Jepang-Amerika yang juga seorang penggemar model kereta api ini adalah seorang Insinyur yang dalam perjalanan kariernya pernah terlibat dalam industri pertahanan dan pekerjaan rahasia untuk pemerintah Amerika Serikat.

Bitcoin menjadi sorotan dalam beberapa bulan terakhir karena fluktuasi nilainya yang sangat tajam sejak kemunculan perdananya di tahun 2009. Harga bitcoin pada tahun 2012 hanya berkisar USD 6 – USD 10 namun di tahun 2013 nilai tertingginya lebih dari USD 1.200 dan turun kembali sejak pemerintah China melarang penggunaan mata uang virtual tersebut. Dunia menjadi heboh akibat penutupan Mt. Gox, salah satu bursa bitcoin terbesar  yang berada di Jepang.

Tags:
author

Author: