Nasib Proyek Mobil Listrik ‘Moluna’ Indonesia

mobil

TANGERANG~ Siapa bilang tindakan hokum untuk peneliti mobil listrik, Dasep Ahmadi, akan menghentikan proyek nasional mobil listrik? Dijelaskan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, proyek itu masih akan terus berjalan.

”Target­nya memang tahun depan sudah jadi prototipenya dulu,” sebut Nasir di Tangerang (17/3)

Molina menurutnya adalah riset yang digarap serentak di Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS). Kampus-kampus tersebut nanti wajib membuat prototipe mobil listrik.

Ia juga menerangkan jika proyek Molina sangat berbeda dengan kasus yang menjerat Dasep. Kegiatan mobil listrik Dasep terkait dengan anggaran yang sudah dikucurkan dengan jumlah mobil yang harus ada.

“Misalnya, dia sudah teken kontrak dengan anggaran sekian, maka akan menghasilkan mobil listrik 10 unit. Ternyata cuma jadi 5 unit. Apakah itu tidak masalah?” paparnya.

Kemenristekdikti disebut Nasir ikut memantau perkara hukum yang menyeret Dasep. Kasus ini bias menjadi pembelajaran bagi peniliti.

“Tapi, tidak berarti kemudian akademisi takut melakukan penelitian,” imbuhnya seperti diwartakan Jawa Pos.

Tags:
author

Author: