NTT Diguncang Gempa 7,1 SR

gempa

NTT~ Tadi malam (27/2) gempa hebat mengguncang Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa berskala 7,1 SR tersebut sempat membuat warga Kabupaten Timor Tengah Utara berhamburan kelua rumah.

Berdasarkan narasumber Kompas Online, getaran gempa berlansgung dalam tempo 40 detik hingga satu menit.

“Lama getarannya berkisar antara 40 detik sampai 1 menit sehingga kami warga di jalan Seroja lari keluar rumah. Bahkan ada warga yang sudah tidur juga terpaksa harus bangun lari keluar rumah,” papar Sirlus Mautallo, warga Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Sumber lain, Rony Bani, menceritakan jika banyak warga yang keluar rumah sambil berteriak histeris saat gempa terjadi.

“Getaran gempa cukup kuat, durasinya lumayan lama sekitar 1 menit lebih dan kami yang tinggal di sekitar terminal tadi warga berteriak keluar rumah,” sambung Rony.

Berdasarkan keterangan Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Kupang, Sudaryono, gempa pertama terjadi di Kabupaten Flores Timur dengan kekuatan 7,1 SR sekitar pukul 20.45 Wita. Gempa tersebut berada di koordinat 7.55 Lintang Selatan dan 122,60 Bujur Timur, dengan kedalaman 572 kilometer. Sementara itu, pusat gempa ada di 104 kilometer Barat Laut Flores Timur.

“Gempa yang tercatat di kita hanya sekali, namun efek gempanya terasa seperti dua kali karena dipengaruhi efek penjalaran gelombang gempa bumi di permukaan. Saat ini, kita sedang mencari informasi akibat efek gempa tersebut,” papar Sudaryono seperti diwartakan Kompas.

Rate this article!
Tags:
author

Author: