Nusakambangan Akan Disulap Jadi Sentra Budi Daya Sapi

sapi limosin

Cilacap~ Akan ada warna baru dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusa Kambangan tak lama lagi. Pasalnya, Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham menjalin kerja sama dengan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian untuk membangun sentral peternakan sapi di penjara yang cukup terkenal ini.

“Dalam kalkulasi bisa memproduksi sekitar 14.000 sapi dalam setahun di Nusa kambangan. Itu kan baru rencananya makanya kita gandeng Ditjen peternakan untuk mmberikan pertimbangan konsultan,” sebut Dirjen Permasyarakatan, I Wayan K. Dusak (23/1).

Dirjen PKH disebutnya akan memberi pembinaan kepada para napi untuk berternak sapi.

“Mereka akan dilatih cara berternak yang baik kalau mereka sudah punya keterampilan nanti pulang ke kampung bisa jadi peternak. Dari hasil kerja itu nanti dia bisa beli sapi, sistem peternakan rakyat, nanti perusahaan bisa menjual bibitan, dipelihara nanti dia jual ke perusahaan,” ungkapnya.

Namun, program ini masih memerlukan investor dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Kita akan lelang dulu siapa yang mau, lelangnya sedang proses. Kita kan proses kelayakan dulu, terakhir baru publik market. Saya berharap lelang dulu, realisasinya tahun depan. Mungkin tahun ini karena investasinya besar. Pabrik pakannya juga di sana,” imbuhnya seperti diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: