Pasar Elektronik Lesu, 2.500 Pekerja Panasonic Di-PHK

phk

JAKARTA — Sebanyak 2.500 pekerja akan di PHK dari PT Panasonic Lighting di Cikarang, Jawa Barat, dan Pasuruan, Jawa Timur, serta PT Toshiba Indonesia di Cikarang.

Dilansir dari Kompas.com, Pabrik Toshiba di Cikarang-Bekasi pun mengumumkan ditutup pada pertengahan Januari lalu. Untuk penutupan secara resmi berhenti beroperasi pada Maret mendatang.

Rencana penutupan usaha ini salah satunya dikarenakan kondisi pasar yang tidak kondusif. Akibat penutupan usaha ini berdampak pada pemutusan hubungan kerja ribuan pekerjanya.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam konferensi pers di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Selasa (2/1/2016) menjelaskan, ribuan pekerja itu terdiri atas sekitar 1.700 anggota KSPI di PT Panasonic dan 970 anggota KSPI di PT Toshiba. Ia merinci, sebanyak 600-700 pekerja dari Panasonic Lighting Pasuruan di-PHK pada periode Desember 2015-Januari 2016.

Sedangkan Panasonic Lighting Cikarang-Bekasi, sejumlah 900-1.000 karyawan di-PHK untuk periode Januari 2016 sampai dengan Maret 2016. Saat ini, para pekerja tengah dalam proses negosiasi pesangon.

Sementar itu, pihak manajemen Panasonic mengklaim, penutupan pabrik bukan lantaran upah buruh yang tinggi, melainkan karena sepinya pasar dan penurunan daya beli.

Meski demikian, Said berpendapat, adanya pengendalian upah, mengakibatkan daya beIi menjadi turun dan tingkat konsumsi masyarakat pun menjadi lemah.

Tags:
author

Author: