Pelanggaran Lion Air yang Dicatat Bandara Soekarno-Hatta

lion

Jakarta~ Sejumlah surat teguran dan peringatan kepada maskapai penerbangan Lion Air Group  telah dicatat oleh Pihak Otoritas Bandar Udara Wilayah 1 Soekarno-Hatta. Dijelaskan oleh Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah 1 Soekarno-Hatta, Herson, pelanggaran yang dicatat mulai dari hal-hal kecil hingga pelanggaran yang termasuk dalam pelanggaran serius.

“Kami sudah sering kasih teguran, mulai dari masalah kartupass yang harusnya pakai malah enggak dipakai, juga ngerokok di area check in,” sebut Herson (24/5).

Lion Group juga sudah beberapa kali diperingatkan adalah terkait flight operation officer (FOO). Heron menerangkan jika dulu maskapai ini tidak memiliki mekanisme FOO. FOO merupakan seseorang yang bertugas untuk mengontrol berbagai aspek dalam sebuah penerbangan. Kontrol dimaksud antara lain mencakup  persiapan penerbangan dan batasan berat pesawat ketika tinggal landas.

“Setelah kami peringatkan, baru dibenahi. Makanya, saya berharap, dari sanksi yang diberikan Ditjen Perhubungan Udara ke Lion, mereka bisa berbenah juga,” imbuh Herson seperti diwartakan Kompas.

Sebelumnya, diwartakan jika Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menjatuhkan sanksi berupa pembekuan enam rute baru. Kemenhub juga membekukan izin ground handling atau kegiatan pelayanan penumpang dan bagasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Tags:
author

Author: