Pelantikan Donald Trump Diwarnai Bentrokan

bendera amerika

Washington –Akhirnya,  Donald Trump resmi dilantik sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat. Pelantikan Trump dilakukan dalam upacara inagurasi di Gedung Capitol, Washington DC. Setelah dilantik, ia akan memimpin AS empat tahun ke depan.

“Saya Donald Trump berjanji sebagai Presiden AS, akan menggunakan kemampuan terbaik saya menjaga dan mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Jadi bantulah saya Tuhan,” demikian ikrar yang diucapkannya (20/1).

Seiring dengan pelantikannya, di jalanan Amerika Serikat terkadi bentrokan kembali terjadi antara demonstran anti-Trump dengan kepolisian yang mengamankan pelantikan Donald Trump di Washington DC.

Akibat aksi yang mulai tak terkendali, polisi terpaksa menggunakan semprotan merica.

“Semprotan merica dan alat pengendali lainnya digunakan untuk mengendalikan pelaku tindak kriminal dan melindungi orang-orang serta properti yang ada,” sebut Kepolisian Washington DC dalam pernyataannya (21/1).

Sebagaimana diwartakan detik.com, Kepolisian Washington DC meneybutkan jika ada dua personelnya mengalami luka ringan akibat aksi kekerasan. Selain itu, beberapa kendaraan milik polisi dilaporkan dirusak oleh demonstran.

“Kami menangkap sekitar 95 orang,”  tegas juru bicara Kepolisian Metropolitan Washington DC, Letnan Sean Conboy.

Tags:
author

Author: