Pemerintah China Ingin Segera Realisasikan Kereta Cepat Lintas Negara

kereta

Kuala Lumpur – Konselor bidang Komersial dan Ekonomi Kedutaan Besar China untuk Malaysia, Wu Zhengping mengatakan, pemerintah China berencana menyambungkan Kumming dengan Singapura melalui rel kereta sepanjang 2.700 km. Rencana itu akan dilakukan, bila kereta cepat kedua negara tersebut jadi dibangun. Jaringan kereta cepat tersebut nantinya akan disambungkan dengan jaringan kereta di Kunming, yang merupakan ibu kota Provinsi Yunnan, China.

Sebelumnya, Pemerintah China berambisi ingin menggarap proyek kereta cepat yang menghubungkan Kuala Lumpur dengan Singapura. Proyek yang akan membangun rel dengan jalur sepanjang 350 km ini, diyakini dapat terealisasi di tahun 2020. Jalur yang akan diberi nama “Pan-Asian Railway” itu akan melewati Laos, Thailand, dan juga Malaysia. Namun, tak seluruh kereta cepat akan melewati jalur tersebut. Sepeti Laos, karena jalurnya banyak melewati pegunungan terjal.

Zhengping mengungkapkan, untuk tender proyek ini diperkirakan akan menghabiskan dana hingga 40 miliar ringgit. Dan, proyek ini akan dimulaia setelah detil proyek diputuskan kedua negara.

Dilansir dari detikfinane, dalam hal ini Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai optimis. Ia yakin, pemerintah Malaysia bakal menerima tawaran dari China. Bahkan, Lai mengatakankan, studi teknis akan dilakukan setelah kesepakatan kedua negara di akhir tahun ini.

“Jadi setelah itu baru kita tahu kapan waktunya proyek ini dimulai,” jelasnya.

Tags:
author

Author: