Pemerintah Jokowi Masih Butuh Rp4.000 T untuk Rampungkan Pembangunan Infrastruktur

rupiah

Jakarta~ Salah satu poin yang sangat nampak pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo ialah pengembangan dan perbaikan infrastruktur. Ternyata, untuk pembangunan sektror infrastruktur pemerintah masih membutuhkan dana sekira 4.000 triliun rupiah.

Diungkapkan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, dana yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur dalam program pemerintah mencapai Rp 5.500 triliun.

“Untuk‎ program infrastruktur prioritas pemerintah, budget yang dibutuhkan untuk 2014-2015 itu kurang lebih Rp 5.500 triliun. Tetapi hanya Rp 1.400 triliun-Rp 1.500 yang bisa masuk dalam APBN, APBD dan BUMN,” sebutnya di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta (1/8).

Budget sebesar Rp 5.500 triliun ini menurutnya digunakan untuk proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW), 24 pelabuhan, 15 bandara, 49 bendungan, 3.600 km jalur kereta dan lain-lain.

“Sehingga penting bagi kita untuk mengundang investor baik pihak swasta maupun asing‎,” tambahnya.

‎Sementara itu, Kepala BKPM Thomas Lembong menerangkan jika pera‎n pihak investor swasta dalam pembangunan infrastruktur Indonesia masih sangat minim.

“Keikutsertaan swasta di infrastruktur masih minimal. Kita masih sangat mengandalkan ‎APBN dan BUMN,” terang Thomas.

Tags:
author

Author: