Pemerintah Tolak Rencana PHK

phk

Jakarta – Isu banyaknya perusahaan yang menutup beberapa pabriknya membuat ribuan pekerja terancam kehilangan sumber penghasilan hidupnya. Kondisi ini membuat pemerintah menghimbau agar para pengusaha tidak melakukan PHK.

Dilansir dari Detik.com, Direktur Penyelesaian Perselirihan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Sahat Sinurat, Jakarta, Sabtu (6/2/2016) mengatakan, kemenaker telah mengecek langsung ke lapangan, dan nyatanya belum ditemukan adanya perusahaan yang melakukan PHK besar-besaran seperti yang diisukan di media sosial.

Sahat mengungkapkan, belum ada laporan yang datang secara langsung ke Depnaker. Namun, setelah pihanya mengkoordinasi langsung dan mendatangi perusahaan tersebut. Pihanya menilai, ini semua masih dalam rencana (PHK).

Sahat juga menjelaskan, bahwa pemerintah tidak menerima adanya PHK. Oleh karena itu, pemerintah meminta perusahaan-perusahaan yang menghadapi kesulitan agar segera melakukan langkah-langkah pencegahan dengan pengurangan jam kerja.

“Misalnya, merumahkan pekerja, mengurangi lembur, atau tidak memperpanjang kontrak kerja,” kata Sahat.

Namun, jika langkah-langkah ini telah dilakukan dan PHK masih sulit dihindarkan, perusahaan disarankan agar secepatnya menghubungi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) setempat untuk mencari solusi.

“Disnaker akan membantu mencarikan jalan keluar yang terbaik bagi semua pihak, baik pekerja maupun pengusaha” ungkap Sahat.

Rate this article!
Tags:
author

Author: