Pemkot Banda Aceh Siapkan Pasar Berbasis Syariah Islam

aceh

Aceh~ Pemerintah Kota Banda Aceh terus berupaya untuk menjadikan kotanya sebagai kota yang menggunakan asas-asas syariah Islam. Selain beragam hukuman yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip Islam, baru-baru ini pemerintah setempat mengembangkan pasar-pasar yang dijalankan sesuai dengan syariat Islam.

“Pemerintah kota terus berusaha mewujudkan pasar Islam, dimana transaksi maupun aktivitas lainnya sesuai dengan syiar Islam,” beber Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal di Banda Aceh beberapa waktu lalu.

Namun, ia mengakui jika mewujudkan pasar Islami tidaklah mudahMeski demikian, ia memastikan pemerintah kota akan terus berusaha mewujudkannya. Untuk itu, ia memohon dukungan dari para ulama dan masyarakat.

“Termasuk penyediaan sarana dan prasarana pasar, juga harus sesuai standar Islam. Begitu juga dengan ijab kabul antara pedagang dan pembeli, harus dibudayakan,” lanjutnya.

Ia juga berharap para pedagang mau berdagang sesuai syariat Islam, tidak mencurangi timbangan, serta tidak mengambil keuntungan yang berlebihan.

“Pemerintah kota sudah membagikan timbangan digital agar ukurannya pas. Gunakan timbangan ini, jangan disimpan,” tambah Illiza.

Seperti diwartakan liputan6.com, ia meyakini jika Islam memosisikan kegiatan ekonomi sebagai aspek penting dalam upaya untuk mendatangkan kemuliaan. Ole karenanya, kegiatan ekonomi perlu dituntun dan dikontrol agar berjalan seirama dengan ajaran agama.

Tags:
author

Author: