Pemudik Lewat Pelabuhan Bakauheni Tembus 162.169 orang

mudik gratis kapal laut

Pewartaekbis~ Sejak H-7 hingga H-3 lebaran 2015, sudah 162.169 orang dari Pulau Sumatera telah menyeberang ke Pulau Jawa. Mereka menyeberang lewat Pelabuhan Bakauheni Lampung-Merak Banten. Jumlah tersebut mencakup pejalan kaki dan penumpang/dalam kendaraan.

Disebutkan Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, pemudik Pulau Jawa masih mendominasi. Diprediki Heru, kepadatan penumpang akan terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran. Alasannya, hari ini masih banyak pegawai negeri maupun swasta yag masih aktif bekerja.

“Posisinya hari ini pembayaran tunjangan hari raya para karyawan,” papar Heru di Bakaheuni.

Ia juga mengatakan jika pengguna jasa penyeberangan di pelabuhan itu cenderung mengalami penurunan akibat  pelajar sudah terlebih dahulu libur sekolah. Meski demikian, Heru mengungkapkan jika semua layanan kapal akan dioptimalkan menyesuaikan dengan kebutuhan untuk mengangkut penumpang.

Pendataan dari data posko Mudik 2015 PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, kendaraan yang diangkut  terdiri atas motor 3.455 unit dan mobil pribadi maupun pick up sebanyak 18.000 unit.

Tags:
author

Author: