Penderita Sel Sabit Dapat Hidup Normal Hingga Usia 50 Tahun

ahok

Amerika- Dalam kasus Anemia sel sabit sel darah merah tidak dapat mengangkut oksigen dengan baik ke jaringan tubuh menyebabkan seseorang merasakan sakit, mengalami kegagalan fungsi organ, bahkan stroke. Kasus tersebut merupakan penyakit genetis di mana sel darah merah mengalami perbedaan bentuk yaitu berbentuk seperti bulan sabit.

Di Amerika, kasus ini memakan korban sekitar 70.000 orang dan 1000 bayi yang baru lahir pun terserang penyakit ini disetiap tahunnya. Sementara 1 dari 500 orang warga keturunan Afro-Amerika terserang penyakit genetis ini. Meningkatnya jumlah penderita disetiap tahunnya membuat para peneliti terus berupaya mencari pengobatan yang alternatif. Hingga akhirnya, penelitian tingkat lanjut dari University of Illinois pada fase 1 dan 2 menunjukkan hasil bahwa 92 persen pasien berhasil diobati.

Dilansir dari Detik.Health.com, prosedur yang diinisiasi oleh National Institutes of Health campus di Maryland ini memiliki persentase keberhasilan hingga 87 persen. Adapun jumlah pasien yang telah berhasil disembuhkan ada sekitar 30 pasien.

Dari penelitian fase kedua percobaan klinis, para peneliti dari University of Illinois Hospital and Health Sciences System berhasil menyembuhkan pasien dengan transplantasi stem cell dari donor saudara penderita. Tak hanya itu, transplantasi ini tidak mengharuskan pasien memiliki golongan darah sejenis. Namun, bila memiliki penanda Human Leukosit Antigen (HLA) yang sama, kemungkinan transplantasi lebih besar.

Dr Damiano Rondelli, kepala hematologi/onkologi di University of Illnous Health kepada Medical Daily mengatakan, orang dewasa dengan anemia sel sabit sekarang dapat hidup normal sampai usia 50 tahun. Mereka dapat hidup normal dengan transfusi darah dan obat-obatan yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Dari hasil pemeriksaan lanjutan pada pasien setelah setahun, 12 pasien yang diterapi menunjukkan tanda-tanda pulih dan ada pasien yang berhenti menjalani terapi imun sebelum waktunya.

Tags:
author

Author: