Penguman! PNS ‘Harus’ Kenakan Seragam Baru ini

pengisisan NIK CPNS salah

Pewartaekbis~ Beberapa waktu lalu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menerbitkan Peraturan Mendagri nomor 6 Tahun 2016. Permen tersebut menegaskan kewajiban PNS di lingkungan Kemendagri untuk mengenakan pakaian atasan putih dengan bawahan hitam setiap hari Rabu. Aturan ini mulai berlaku sejak Senin, 8 Februari 2016.

Tujuannya, sebagai contoh simbolik dari visi Presiden Jokowi.

“Untuk memberi contoh simbolik dari nawacita, makanya presiden memakai baju putih diikuti para pembantunya,” sebut Kepala Biro Hukum Kemendagri, Widodo Sigit Pudjianto (10/2).

Selain itu, warna putih di Indonesia memiliki makna bersih. Artinya, aparat pemerintahan harus yang bersih dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

“Kalau aparatnya bersih, pasti pelayanan ke masyarakatnya juga bersih,” lanjutnya.

Simbol baju putih menurutnya bisa menjadi pengingat untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap hukum. Dengan kata lain, baju putih yang identik dengan bersih harus diiringi sikap yang juga bersih.

“Baju itu yang kamu sudah pakai baju putih itu harus bersih. Kelakuanmu jangan tidak bersih,” lanjutnya seperti diwartakan merdeka.com.

Namun, tidak semua pihak mengamini aturan baru ini. Salah satu yang menolak adalah Gubernur Ganjar Pranowo. Orang nomor satu d Provinsi Jawa Tengah tersebut mempertanyakan manfaat dari aturan baru itu.

Tags:
author

Author: