Pengumuman! 200-an Perguruan Tinggi Tengah Dievaluasi BAN-PT

toga

Pewartaekbis~ Akhirnya, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti) memberikan sanksi pada 7 perguruan tinggi yang terbukti mengeluarkan ijazah palsu. Tidak hanya itu, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) juga mengevaluasi 200 perguruan tinggi yang akreditasinya bermasalah.

“Data di BAN PT ada 200 lebih perguruan tinggi yang masuk kategori bermasalah. Ini cikal bakal nanti untuk kita evaluasi mendalam,” sebut Kepala BAN PT Mansyur Ramly di kantor Wapres (8/9/2015).

Mansyur menjelaskan jika perguruan tinggi dimaksud tersebar di seluruh Indonesia, sebagian besar ada di Jawa. Lembaga-lembaga dimaksud tengah dievaluasi secara mendalam.

“Nanti kalau kita buktikan betul bahwa proses pembelajarannya tidak sesuai dengan apa yang kita asses sebelumnya maka BAN PT akan mencabut akreditasinya,” lanjutnya.

Ada beberapa poin yang menurutnya perlu dipikirkan sebelum mencabut izin operasi sebuah lembaga.

“Kalau dicabut akreditasinya berarti dia tutup. Izinnya dicabut oleh menteri. Tapi kita juga tidak ingin mengorbankan karena kita harus melindungi mahasiswa. Jangan sampai hanya cabut yang korban mahasiswa kan. Kita harus lihat benar-benar apa lalu kita juga pertimbangkan bagaimana setelah dicabut, bagaimana pengalihannya,” tandasnya. (Sumber: detik.com)

author

Author: