Pengumuman! Tahun Depan Udara Akan Lebih Panas

udarapanasChina_thumb.jpg

Pewartaekbis~ Setahun terakhir udara panas menyilmuti bumi. Bukannya berkurang, tahun depan udara panas diprediksi akan bertambah parah. Prediksi tersebut merupakan hasil dari pantauan PBB pada tanggal 25 November.

Pemantau iklim PBBB menjelaskan jika perubahan iklim bisa naik hingga 6C atau bahkan lebih.

“2015 adalah tahun sejarah. Kita memecahkan rekor kerusakan parah yang diakibatkan karena rumah kaca. CO2, metana, bitrous oksida, dan beberapa gas lainnya telah rusak. Ini alasan mengapa tahun 2015 menjadi tahun terpanas,” jelas Michel Jarraud, Sekretaris Jenderal Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

Menurutnya, tahun depan akan semakin panas karena dampak dari El Nino. Suatu gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut di Samudera Pasifik.

Efek dari El Nino ini juga akan terasa selama 4, 5, atau 6 bulan yang akan datang sehingga mempengaruhi suhu tahun depan.

“Perkiraan awal, berdasarkan data dari Januari sampai Oktober menunjukkan suhu permukaan untuk tahun 2015 rata-rata sekitar 0.73C dari tahun 1961-1990 dengan rata-rata 14C, serta sekitar 1C atas periode pra-industri 1880-1899,” lanjutnya.

Tags:
author

Author: