Pengumuman! Tarif Dasar ‘Listrik’ Juga akan Turun

pln

Jakarta~ Setelah harga bensin dan solar dinyatakan turun harga, PT PLN juga dipastikan akan menurunkan tarif dasar listrik (TDL) mulai bulan ini. Diwartakan JPNN (1/4), tariff akan turun  sekitar Rp 8 sampai Rp 12 per kWh.

Dijelaskan Kepala Divisi Niaga, Benny Marbun, yang mengakibatkan TDL turun adalah inflasi dan nilai tukar rupiah. Berdasar data PLN, pada Februari terjadi deflasi 0,09 persen bila dibandingkan dengan Januari yang inflasi 0,51 persen.

’’Sedangkan nilai tukar menguat dari Rp 13.889 menjadi Rp 13.516 per USD,’’ sebutnya.

Sementara itu, PLN menyebut rata-rata harga minyak pada Februari adalah USD 28,29 per barel. Nilai tersebut naik hampir USD 1 per barel daripada harga Januari USD 27,49 per barel.

Benny menjelaskan, tarif akan berlaku untuk 12 golongan yang mengikuti mekanisme adjustment. Penurunan tariff paling tinggi ada di golongan tegangan rendah. Yakni, golongan rumah tangga nonsubsidi hingga bisnis kecil.

’’Turun Rp 12 per kWh dari Rp 1.355 mejadi Rp 1.343,’’ imbuhnya.

Sementara itu, tarif tegangan menengah yang diisi golongan B3, I3, dan P2 dengan daya di atas 200 kVa turun Rp 9. Adapun tarif tegangan tinggi tercatat turun paling sedikit, yakni Rp 8 per kWh..

’’Semoga penurunan tarif April bisa dimanfaatkan konsumen, khususnya industri, untuk meningkatkan daya saing produksinya,’’ pungkasnya.

Tags:
author

Author: