Penuhi Kebutuhan Industri, Tahun 2016 Pemerintah Berencana Impor Jagung

jag

Jakarta – Pasokan jagung dalam negeri belum dapat memenuhi kebutuhan jagung bagi industri secara menyeluruh, di mana kebutuhannya mencapai 8,6 juta ton pertahunnya.

Di tahun 2016 mendatang pemerrintah berencana akan kembali melakukan impor jagung. Berdasarkan hasil penghitungan antara pemerintah dan Perum Bulog, kebutuhan impor dalam setiap bulannya mencapai 200 ribu ton. Untuk impor tahun depan Bulog berencana mengimpor jagung sebanyak 2,4 juta ton.

Dilansir dari VIVA.co.id, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan jagung Bulog akan mengimpor jagung tahun depan. Terkait negara mana yang akan menjadi tujuan impor Ia meyerahkan sepenuhnya kepada Bulog.

“Darimana impornya, kami tidak akan atur-atur. Biar Bulog yang mencari, dan melakukan impor. Supaya, tidak terjadi impor berlebih dan menekan harga,” kata Darmin, saat ditemui dikantornya, Jakarta, Rabu malam 16 Desember 2015.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan, pihaknya telah mendapatkan mandat untuk mengimpor sebanyak 600 ribu ton komoditas jagung pada triwulan I-2016.

Tags:
author

Author: