Perajin Wayang Golek ini Memiliki Omzet Hingga Rp60 Juta per Bulan

tips mengatur keuangan lebaran

Jakarta~ Berbagai budaya asing memang sudah menyerbu negeri ini. Namun, ada sangat banyak kerajinan lokal yang masih bertahan. Tidak hanya bertahan, mereka bahkan sukses mengekspor kerajinan khas Indonesia ke berbagai negara dengan omzet fantastis.

Di Sumedang misalnya, perajin bernama Wawan menerangkan jika ia mengantongi omzet hingga Rp60 juta per bulannya dari pembuatan wayang golek di Jenggala Artshop miliknya. Usaha ini sudah dikembangkannya sejak tahun 1987.

“Dari harga Rp 75.000 sampai ke Rp 400.000, bagaimana kualitasnya saja. Omzetnya Rp 50 juta sampai Rp 60 juta,” beber Wawan dalam acara 12th Indonesia Investment Week 2016 di JIExpo, Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia menerangkan jika wayang golek yang dibuatnya dibuat menggunakan kayu sengon. Kayu ini ia peroleh dengan mudah di tempat tinggalnya di Pamulihan, Sumedang.

“Kayunya beli di Pamulihan ada banyak,” lanjut Wawan.

Sebagian besar wayang golek yang diproduksinya menjadi komoditas ekspor di pasar Eropa dan Asia.

“Hampir 90% ke luar negeri. Kalau dalam negeri paling ke Bali, Yogyakarta, Prancis, Belanda, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan banyak lagi,” terangnya bangga seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: