Peran Psikologi Oran Tua Terhadap Pe

ilustrasi

ilustrasi

Pewartaekbis– Kondisi psikologi orang tua sangat berperan dalam tumbuh kembang anak. Sejauh ini, telah banyak pembahasan mengenai ikatan emosional anak dengan ibunnya. Namun, akhir-akhir ini penelitian juga menemukan bahwa, ayah berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak

Dilansir dari Kompas.com, peneliti dari Michigan State University melakukan penelitian yang melibatkan 730 keluarga berpenghasilan rendah dengan memberikan kursioner untuk melihat bagaiamana pandangan seorang ayah dengan kehadiran anak mereka. Hasilnya, ayah yang stres akan menghambat tumbuh kembang anak.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa stres yang dialami seorang ayah ternyata berdampak buruk pada anak. Mereka para anak-anak yang ayahnya mengalami stres memiliki kemampuan berbicara atau bahasa yang buruk. Hal ini terutama terjadi pada anak laki-laki.

Anak yang memiliki tingkat stres sangat tinggi hingga depresi juga cenderung tumbuh dengan perilaku buruk, tidak mudah bersosialisasi, dan sulit bekerja sama dengan orang lain. Hal ini membuat anak berisiko depresi saat beranjak dewasa karena perkembangan emosionalnya buruk.

Para peneliti mengatakan, hal ini bisa terjadi karena kerika stres, ayah menjadi kurang memerhatikan anaknya. Sehingga, anak menjadi kurang belajar mengenai hal-hal baru.

Rate this article!
Tags:
author

Author: